Manajemen Layanan Sistem Informasi : Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB Online) Universitas Gunadarma


                Sekitar bulan April-Agustus lagi musimnya pelajar yang baru lulus dari SMA/SMK mencari pendidikan tingkat lanjutnya yaitu Universitas. Nah pada tau Universitas Gunadarma kan? Iya Universitas yang pusatnya ada di Depok dan terkenal dibidang IT ini. Jadi kalian kalau mau daftar di Universitas Gunadarma ini kalian bisa memanfaatkan fasilitas nya yaitu PMB Online atau Pendaftaran Mahasiswa Baru secara online, jadi kalau kalian yang rumah nya jauh di luar kota gak perlu ribet dateng ke Universitas Gunadarma langsung. Untuk informasi lebih lengkap kalian bisa kunjungi situs resmi Univesitas Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/id/, atau kalian yang ingin langsung daftar bisa langsung kunjungi website PMB Online Universitas Gunadarma http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2017/.

PMB Online Universitas Gunadarma

Nah di dalam Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Gunadarma ini ada 2 jalur, yaitu :

A.    Jalur Reguler

Jalur reguler ini adalah jalur yang mengikuti ujian masuk, materi yang diujikan yaitu matematika dan bahasa inggris. Berikut adalah tahapan pendaftaran melalui jalur reguler online.

Tahapan Jalur Reguler

1.      Registrasi
Syarat untuk registrasi adalah Anda harus memiliki email yang aktif. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur Reguler ini melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2017. Silakan mengisi form registrasi Anda pada halaman Registration. Setelah mengisi data, Anda akan mendapatkan konfirmasi Melaui Email untuk informasi mengenai user untuk login, proses pembayaran formulir (sesuai yang anda pilih : Setoran Tunai atau ATM). Pastikan untuk mencek email yang anda daftarkan untuk mendapatkan informasi tersebut.
Form Pendaftaran

2.      Melengkapi Data Isian
Setelah mendaftar anda dapat langsung login untuk melengkapi formulir dan memilih tanggal ujian yang tersedia. Anda Dapat membayar langsung formulir pada waktu tes ujian masuk. Setelah melengkapi data isian formulir dan memilih waktu Ujian, Anda lakukan pengecekan email untuk informasi detail.

3.      Ujian Masuk
Setelah Anda melengkapi Data Isian dan menentukan lokasi Ujian Masuk UG, maka Anda akan mendapatkan jadwal sesuai dengan lokasi ujian pilihan Anda. Ujian dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal: (sesuai dengan pilihan Anda pada saat mendaftar online)
Tempat: Kampus Depok, Gedung 5 Lantai 3
Jl. Margonda Raya No.100 Pondok Cina – Depok
Waktu ujian SHIFT 1 Jam : 08.00 - 09.30 WIB
Waktu ujian SHIFT 2 Jam : 10.00 - 11.30 WIB
Waktu ujian SHIFT 3 Jam : 13.00 - 15.30 WIB
Waktu ujian SHIFT 4 Jam : 15.00 - 16.30 WIB
Ujian MENGGUNAKAN KOMPUTER, dan materi yang DIUJIKAN adalah: MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS.
Tata tertib ujian masuk adalah sebagai berikut:
·         Datang 15 menit sebelum ujian dimulai.
·         Membawa Identitas Diri berupa KTP atau Kartu Pelajar.
·         Membawa Fotocopi Bukti Pembayaran.
·         Membawa FORMULIR yang sudah diisi LENGKAP dan telah DICETAK.
·         Berpakaian rapi & sopan, sepatu tertutup.
Pria: Kemeja (bukan kaos), Celana Bahan Panjang.
Wanita: Blus/Blazer (bukanKaos), Rok Bahan.
Membawa PAS FOTO 4x6 sebanyak 1 LEMBAR.

4.      Pembayaran
Setelah melengkapi formulir silakan Anda melakukan pembayaran formulir pendaftaran melalui :
a)   Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor register Anda. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui email/Nomor HP Anda.
b)    Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran melalui email. Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan melalui email : ppmb-ol@gunadarma.ac.id fax. (021)7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi Panitia, di Telpon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00, Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).
c)      Anda Dapat membayar langsung formulir pada waktu tes ujian masuk.

5.      Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil Seleksi Jalur Reguler akan diumumkan melalui email/sms/diambil di counter pendaftaran pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB, setelah Anda melakukan Ujian Masuk yang telah di jadwalkan. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang diterima sesuai hasil seleksi, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.

6.      Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
Setelah Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan membayar Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan di counter pendaftaran setelah menghubungi Panitia.

7.      Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.

8.      Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT)
PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia.


B.    Jalur PMDK

Jalur PMDK ini hanya diperuntukan hanya untuk fresh graduate SMA/SMK dan jalur menggunakan seleksi rapot. Berikut adalah tahapan melalui jalur PMDK Online.


Tahapan Jalur PMDK

1.      Registrasi
Syarat untuk registrasi adalah Anda harus memiliki email yang aktif. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur Reguler ini melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2017. Silakan mengisi form registrasi Anda pada halaman Registration. Setelah mengisi data, Anda akan mendapatkan konfirmasi Melaui Email untuk informasi mengenai user untuk login, proses pembayaran formulir (sesuai yang anda pilih : Setoran Tunai atau ATM). Pastikan untuk mencek email yang anda daftarkan untuk mendapatkan informasi tersebut.

2.      Melengkapi Data Isian
Setelah mendaftar anda dapat langung login untuk melengkapi formulir dan mengisikan nilai raport semester 4 dan 5.

3.      Pembayaran
Setelah proses registrasi dan mendapatkan nomor referensi, selanjutnya silahkan Anda melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor referensi Anda. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui email/sms. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran melalui email/sms, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan melalui fax. (021) 7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi Panitia, di Telepon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00, Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).

4.      Berkas Persyaratan PMDK
Setelah mendapatkan konfirmasi Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Pendaftaran yang dikirmkan melalui SMS dan Email, dan selanjutnya Anda wajib kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2017 untuk melengkapi Data Isian Mahasiswa. Langkah berikutya anda wajib mengirimkan semua berkas yang dibutuhkan untuk proses selanjutnya, Anda wajib mengirimkan salinan dokumen yang dipersyaratkan untuk proses seleksi PMDK, yaitu:
a)   2 lembar fotocopy STTB SMTA yang dilegalisir (untuk SMTA Swasta Legalisir KANWIL) (bila sudah ada).
b)     1 lembar fotocopy SKHUN/NEM (dilegalisir sekolah) (bila sudah ada).
c)     1 lembar fotocopy Rapor kelas 3 semester 5.
d)     2 lembarpasfoto 2x3 cm berwarna.
e)     1 lembarpasfoto 4x6 cm berwarna.
f)      1 lembarfotocopy KTP.
Mohon agar semua berkas tersebut di SCAN dan dikirimkan melalui EMAIL : ppmb-ol@gunadarma.ac.id

5.      Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil Seleksi PMDK akan diumumkan melalui email/sms/diambil di counter pendaftaran pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB setelah Anda melengkapi Data Isian dan Persyaratan Seleksi PMDK. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang diterima sesuai hasil seleksi, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.

6.      Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
Setelah Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan menghubungi Panitia di counter pendaftaran untuk melakukan pembayaran Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan.

7.      Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.

8.      Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT)

PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia.


Referensi :
http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/

0 Response to "Manajemen Layanan Sistem Informasi : Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB Online) Universitas Gunadarma"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di ITT, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. Silahkan berkomentar di kotak-komentar yang sudah kami sediakan dibawah artikel ini.

Info Tehnologi dan Gadget Terbaru . Powered by Blogger.