Manajemen Layanan Sistem Informasi : Layanan Umum Go-Jek, Grab dan Uber

         Di Indonesia sekarang lagi booming yang namanya ojek online, dengan teknologi yang ada saat ini kita bisa mengorder ojek motor maupun ojek berbasis mobil dimana aja dan kapan aja. Dengan smartphone kita dapat memesan ojek online dengan berbagai fasilitas yang disediakan di masing-masing perusahaan ojek online. Di indonesia sendiri ojek online yang paling sering ditemui adalah Go-Jek, Grab dan Uber. Masing-masing ojek online walaupun mereka banyak menawarkan fasilitas dan layanan yang terbaik, pasti ada disetiap ojek online ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari pengalaman dan informasi yang saya dapatkan beberapa perbedaan ojek online yang ada di indonesia.


Go-Jek



Kelebihan
  1. Go-Jek buatan asli Indonesia
  2. Mudah didapatkan karena para driver gojek sudah menyebar luas di daerah-daerah indonesia, apalagi daerah metropolitan
  3. Fasilitas dan layanan yang diberikan bukan hanya sekedar ojek online atau Go-Ride tetapi banyak fasilitas layanan yang diberikan seperti; Go-Car tapi masih lumayan jarang untuk di order, Go-Food, Go-Mart, Go-Clean, Go-Glam dan masih banyak lagi yang fasilitas dan layanan yang diberikan
  4. Tarif Go-Ride per kilometer mencapai Rp2.000 dan itu berlaku selama jam sibuk, dengan minimum pembayarannya sebesar Rp8.000. Tarif pada Go-Jek sudah fix price sesuai yang tertera pada aplikasinya
  5. Dalam pembayaran kita dipermudah bisa cash bisa juga melalui layanan Go-Pay
  6. Jika kamu punya keluhan via Twitter, admin Gojek siap merespon dengan cepat.
  7. Drivernya kebanyakan lebih ramah pada para pelanggan, tapi ada juga yang biasa aja

Kekurangan
  1. Terkedang walaupun driver gojek dimana-mana tapi suka ada yang gak mau ngambil penumpang karena alasannya jarak yang dituju terlalu jauh
  2.  Kalau sudah memasuki jam kerja atau jam sibuk, apilikasi Go-Jek ini suka down atau eror
  3. Para driver Go-Jek terkadang ada yang kurang disiplin, tidak memakai atribut atau seragam Go-Jek 


Grab


Kelebihan
  1.  Mudah didapatkan karena para driver Grab sudah mulai menyebar luas di daerah metropolitan
  2. Grab tidak hanya menawarkan fasiltas GrabBike tapi ada juga GrabCar yang mudah untuk di order karena sudah banyak ada dimana-mana, ada juga GrabTaxi,  GrabFood, GrabHitch (Nebeng), GrabShare dan beberapa lagi fasilitas dan layanan yang diberikan
  3. Tarifnya seperti pada jam sibuk pagi (pukul 05:00 – 09:00) dan jam sibuk sore (pukul 16:00 – 20:00) tarif minimumnya Rp1.500 dengan biaya tambahan jam sibuk sebesar Rp2.500 (penurunan 50% biaya tambahan pada jam sibuk sore hari GrabBike berlaku hingga pemberitahuan selanjutnya). Sementara di luar jam sibuk, tarif minimumnya sebesar Rp5.000 tanpa biaya tambahan. Tarif pada Grab ini sudah fix price sesuai dengan yang tertera pada aplikasi kecuali jam sibuk
  4. Dalam pembayarannya Grab bisa dilakukan dengan uang cash atau dengan GrabPay
  5. Aplikasi Grab jarang banget eror
  6. Selama saya menggunakan Grab para drivernya menggunakan atribut atau seragam dari Grab

Kekurangan
  1. Driver GrabBike nya gak sebanyak gojek
  2. Jika kamu memiliki keluhan, responsnya gak begitu cepat


Uber



Kelebihan
  1. Untuk UberX  lebih banyak dan mudah untuk di order
  2. Uber hanya memberikan fasilitas UberX, UberXL, UberBLACK untuk mobil atau UberMotor
  3. Tarif UberMotor adalah yang paling murah. Untuk tarif dasar Uber sebesar Rp1.000 per kilometernya dengan tarif menit Rp100 dan tarif minimum sebesar Rp1.000. Kalau dilihat dari rincian tarifnya, tentu saja UberMotor merupakan jasa ojek online yang paling murah ketimbang Gojek dan GrabBike. Namun karena Uber memberlakukan biaya per menit, maka biaya akhir dari penggunaan UberMotor juga tergantung dengan kondisi jalanan pada saat itu. Jadi bukan hanya UberMotor, UberX pun tarif nya dapat berubah sesuai kondisi jalan. Tarif yang ada didalam aplikasi itu hanya perkiraan bisa kurang bisa lebih
  4. Dalam pembayaran Uber bisa dilakukan dengan uang cas ataupun dengan kartu kredit
  5. Bisa ditentukan kapan waktu penjemputanya baik hari maupun jam
  6. Aplikasi jarang banget eror
Kekurangan
  1. UberMotor masih belum banyak
  2. Karena tarif yang tidak menuntu bisa naik atau turun dari yang tertera di aplikasi, dan receipt atau tanda pembayaranya suka telat muncul di aplikasi dan email jadi driver Uber terkadang suka melebihkan dari tarif yang seharusnya dibayar
  3. Karena dikenakan tarif berjalan,  terkadang disaat jam sibuk akan melebihi estimasi yang diberikan

          Itulah beberapa perbandingan kelebihan dan kekurangan dari ojek online yang ada di Indonesia berdasarkan pengalaman dan infomasi yang saya dapatkan

0 Response to "Manajemen Layanan Sistem Informasi : Layanan Umum Go-Jek, Grab dan Uber"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di ITT, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. Silahkan berkomentar di kotak-komentar yang sudah kami sediakan dibawah artikel ini.

Info Tehnologi dan Gadget Terbaru . Powered by Blogger.